Friday, October 14, 2005

Lima Keunggulan Ummat Muhammad

Ketika bulan romadhon tiba, semua berbondong-bondong menyambutnya. Bahkan orang yang abangan pun akan tergopoh-gopoh menyambutnya, hanya agar dirinya masih patut di sebut sebagai orang yang beragama. Semua kue, jajanan dan hidangan yang biasanya disebut dengan "megengan", yakni selamatan menyambut datangnya bulan romadhon, akan tumpah ruah kepada tetangga kanan dan kirinya.

Tapi memang benar, bulan ini adalah bulan yang penuh rahmat dan berkah. Semua orang, baik dia beriman atau tidak beriman merasakan imbas dari bulan romadhon, apalagi apabila nanti memasuki hari raya idul Fitri. Semua orang tanpa pandang bulu akan mendapatkan cipratan rejeki. Tukang sayur, tukang jahit, penjual makanan kaleng, penjual pakaian dan mall-mall akan tumplek blek penuh dengan orang-orang yang sedang berbelanja, baik untuk keperluan romadhon itu sendiri, maupun untuk persiapan hari raya yang akan datang.

Tapi dilain pihak ada amalan-amalan penting pada bulan ini yang dilupakan, bahkan tidak diperdulikan oleh ummat ini. Padahal puasa kita ummat akhir zaman ini memiliki lima kelebihan dan kemuliaan disisi Allah SWT. Kemuliaan yang Allah berikan kepada ummat akhir jaman yang berpuasa adalah :
  1. Bahwa bau mulut orang yang sedang berpuasa, lebih harum disisi Allah daripada minyak kasturi.
  2. Hewan-hewan di daratan dan dilautan, berdoa memohonkan keampunan untuk orang-orang yang berpuasa.
  3. Allah menghiasi surga siang dan malam, dan berkata kepada surga, "Kamu kuperuntukkan bagi orang-orang yang berpuasa karena AKU".
  4. Allah memberikan suatu malam yang lebih baik daripada seribu bulan, yakni malam Lailatul Qodar, yang mana malam ini belum pernah diberikan kepada ummat sebelum ummat Muhammad SAW.
  5. Pada akhir bulan romadhon Allah SWT begitu banyak membebaskan ruh-ruh dari dalam neraka jahannam, dan memberikan ampunan bagi orang-orang yang berpuasa semata-mata karena Allah.

Demikian sedikit tausiyah dari hamba yang lemah ini, semoga berguna bagi kita sekalian.

No comments: