Tuesday, April 15, 2008

Tips jadi pemimpin yang di sukai rakyat

Bila Anda ingin menjadi seorang pemimpin yang disukai oleh orang-orang yang Anda pimpin, maka Anda perlu memiliki sifat-sifat dan perbuatan yang mendatangkan kecintaan manusia bumi kepada Anda, dan perbuatan yang mendatangkan kecintaan penduduk langit kepada Anda, sehingga do'a-do'a Anda sebagai pimpinan dikabulkan oleh NYA.
Rasullah SAW pernah bersabda yang mahfumnya, "Zuhudlah kamu kepada dunia, maka kamu akan di sukai oleh penduduk dunia, dan zuhudlah kamu terhadap akhiratmu, maka kamu akan di sukai oleh penduduk langit". (al-Hadits)
Zuhud, maknanya bukanlah meninggalkan keduniaan, tetapi mengambil dari keduniaan itu seperlunya, apabila keperluan kita sudah terpenuhi, maka kita berhenti pada keperluan itu dan beralih kepada keperluan lainnya yang tidak kalah pentingnya. Zuhud, artinya menghindari sifat mubazir dan boros serta isrof (berlebih-lebihan).
Bila Anda menjadi pimpinan di Negara Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam, maka semakin Anda bersederhana dan hidup apa adanya, maka Anda akan disukai dan dicintai rakyat. Anda tidak perlu satpam atau pasukan pengaman untuk mengawal Anda kemanapun Anda pergi, tetapi semua orang pasti akan melindungi Anda, karena Anda adalah pewaris kepemimpinan dari Rasulullah SAW.
Lihatlah bagaimana kepemimpinan Abubakar As Siddiq RA, bagaimana beliau rela mengorbankan seluruh waktu, diri dan hartanya untuk ummat, sampai-sampai tidak ada satupun harta tertinggal di rumahnya kecuali sebuah gayung air dari kayu.
Lihatlah bagaimana Umar Al Faruq RA, bagaimana ketegasan beliau dalam memimpin dan bagaimana sederhananya beliau, sehingga hanya memiliki sebuah baju yang bertampung (bertambal) yang suaranya ditakuti musuh-musuh Islam walaupun berjarak sebulan perjalanan jauhnya.
Contohlah bagaimana Utsman bin Affan RA, bagaimana dia membelanjakan hartanya sebagian besar untuk kemajuan Ummat dan segala pemikirannya untuk menjaga Al-Qur'an agar tetap murni dan terpelihara.
Akan halnya Ali Karomallahu Wajhah bin Abi Tholib, tidak diragukan akan kesalehan dan kezuhudannya kepada dunia, sehingga dunia telah di "TALAK" tiga oleh sayidina Ali RA.

Wahai Pemimpin dan Calon Pemimpin Negeri Ini.
Contohlah Ke-empat sahabat nabi itu, maka kamu akan sukses, bukan hanya di dunia, kamu akan sukses pula di akhirat, yang mana derajatmu akan disejajarkan dengan derajat para nabi 'Alaihimus sholatu wassalam.
Ingatlah, bahwa kekuasaan adalah amanah, bukan hadiah atau pemberian cuma-cuma dari Allah, tapi harus kamu bayar dengan sikap Amanah dan menjunjung tinggi nilai kebenaran dan keadilan.
"kullukum ro'iin wa kullukum mas'uuu lun 'an ro'iyatih", setiap kamu adalah pemimpin dan setiap pemimpin akan dimintai pertanggung jawaban atas apa yang dipimpinnnya.

No comments: